Bagaimana Sejarah Berdirinya Konstruksi Bangunan

Sejarah berdirinya suatu konstruksi bangunan merupakan suatu hal yang tidak lepas dari kehidupan manusia, bangunan, awalnya merupakan salah salah satu struktur yang didirikan oleh manusia yang terdiri dari atap dan dinding yang di jadikan sebagai tempat atau sarana yang di gunakan oleh manusia itu sendiri.

Bagaimana awalnya manusia membuat bangunan tanpa dengan keahlian di bidan teknik sipil maupun arsitektur, kemampuan manusia pada zaman dulu membuat suatu bangunan sangat lah terbatas, disamping itu alat dan bahan bangunan pada saat itu tidak memadai, mereka hanya mempergunakan apa yang berada di sekitar tempat mereka tinggal.

Pada zaman dulu kala manusia membuat bangunan sebagai sarana tempat tinggal hanya dengan memanfaatkan batuan, kayu dan begitu juga dengan membuat suatu jembatan untuk menyeberang aliran sungai dengan mengunakan kayu.

Dengan bertambahnya tahun ke tahun manusia mulai memiliki pola pikir yang maju sehingga dalam membuat suatu konstruksi bangunan , menggunakan ahli dalam bangunan maka timbullah ahli bidang teknik sipil yang menghitung kekuatan bangunan dan kapasitas bangunan dan di rancang dengan desain oleh arsitektur.

Kenapa Bangunan Harus Di Hitung
Pada saat melaksanakan perencanaan pembangunan konstruksi bangunan tentu banyak hal yang harus di hindari dalam ketika bangunan tersebut sudah berdiri dan di jadikan sebagai tempat atau sarana.

Hal yang harus di perhatikan dengan berdirinya suatu bangunan diantaranya adalah:
  1. Kecelakaan akibat robohnya bangunan
  2. Keselamatan orang atau barang yang berada pada bangunan
  3. Kerugian - kerugian material akibat kelalaian
  4. Bahan yang digunakan untuk mendirikan suatu bangunan
  5. Alat yang di gunakan dalam mendirikan bangunan
  6. Kualitas atau spesifikaksi bangunan
  7. Dan yang berhubungan dengan konstruksi bangunan
Pengertian Umum Bangunan
Bangunan dijadikan sarana penting dalam kehidupan manusia yang bisa di gunakan sebagai alat penyimpanan barang, bangunan sebagai tempat tinggal, privasi, dan sarana untuk tempat bekerja. Dalam perkembangannya bangunan memiliki jenis , bentuk dan ukuran, sehingga dalam peningkatannya berdirinya suatu bangunan oleh karena banyak faktor - faktor yang menyebabkan seperti , cuaca, kondisi tanah, harga bahan dan lain sebagainya.

Siapa yang dapat mendirikan bangunan
Bangunan dapat didirikan oleh siapa saja yang ingin membangun, baik bangunan milik pemerintah maupun bangunan milik perorangan. Sebelum membangun tentu sudah menentukan jenis bangunan dan memperkirakan biaya yang di perlukan dalam membangun, seperti lokasi bangunan yang dapat di survey tujuan untuk mengetahui kondisi tanah pada daerah yang ingin di bangun.

Dalam hal pendirian bangunan di butuhkan orang yang ahli dalam bangunan seperti,
  1. Kontraktor atau pemborong
  2. Surveyor
  3. Badan keuangan
  4. Pemerintah setempat
  5. Arsitek
  6. Sipil
Sekarang jika seseorang ingin membangun tidak sulit lagi menemukan hal - hal apa saja yang harus di sediakan untuk membangun, cukup hanya mencari orang yang ahli dalam bangunan dan menyiapkan biaya untuk bangunan yang akan didirikan.

Posted by: Mas Civeng
Mas Civeng Updated at: Thursday, June 23, 2016

0 komentar:

Post a Comment