Cara Membuat Potongan Gambar Rumah Di Autocad

Sudah membuat denah rumah, dan tampak rumah, sekarang bagaimana cara membuat potongan gambar rumah tersebut pada gambar kerja autocad. Membuat potongan gambar rumah tentu harus sudah menggambar denah lebih dulu sehingga dapat menentukan titik potongan pada denah misalkan pada tampak depan denah di buat potongan A-A sedangkan untuk tampak samping di buat potongan B-B.

Potongan gambar rumah merupakan tampak yang terlihat pada bagian dalam rumah tersebut sehingga rangka ataupun bentuk gambar rumah dapat di lihat melalui potongan. mulai dari dasar pondasi sampai atap pada potongan tampak dan seluruh badan rumah.

Dengan adanya potongan gambar maka ketika gambar tersebut digunakan sebagai gambar kerja , pelaksanaan pembangunan rumah tidak mendapat kesulitan dan lebih mudah mengetahui ketika membaca gambar kerja tersebut.

Potongan gambar juga tidak hanya di muat pada gambar rumah saja, tetapi ada bangunan konstruksi lain juga di gunakan potongan - potongan gambar, yang memperjelas gambar pada keadaan yang sebenarnya.

Hal - hal yang perlu di perhatikan dalam membuat potongan gambar rumah:

Denah Gambar
Denah gambar jelas dan memiliki ukuran, ketika membuat denah rumah, posisi dan tata letak ruangan yang ada di dalam rumah tidak berpindah - pindah sebelum membuat potongan, misalnya 2 ruang tidur masing - masing memiliki pintu dan jendela , yang berdampingan kemudian setengah jalan posisi berubah. Oleh karena itu sebelum membuat potongan pastikan gambar denah sudah benar - benar pada semua posisi masing - masing.

Dinding Denah
Pada saat membuat denah rumah untuk dinding membuat garis tengah atau as, sehingga pada saat membuat potongan akan lebih cepat dengan as pada dinding.

Kolom Denah
Sama halnya dengan dinding, pada kolom akan tampak lebih besar dari dinding, dan garis as pada kolom dan dinding sama.

Rencana Atap
Membuat potongan gambar , tentukan atau rencanakan terlebih dahulu atap gambar, sehingga pada saat membuat potongan rangka pada atap terlihat pada bagian rumah.

Pintu dan jendela
Pada gambar denah posisi letak pintu dan jendela harus jelas, pintu utama dan jendela utama tidak akan terlihat pada potongan , yang terlihat adalah pintu atau pun jendela yang sudah terpotong yang terdapat didalam badan denah, biasanya jika pintu kamar mandi mengarah pada potongan maka akan terlihat pada potongan gambar.

Cara membuat potongan dengan denah lebih cepat:
  • Gunakan denah yang sudah jadi sebagai alat bantu untuk menarik setiap garis as pada kolom denah
  • Kemudian tentukan ukuran masing - masing elevasi pada gambar, misalnya jarak antara pondasi ke lantai, dari lantai ke plafon, dan dari plafon ke atap.
  • Offset ukuran balok sesuai dengan ukuran dinding, jika menarik garis bantu dari dinding tidak perlu melakukan offset. tapi lebih baik menarik garis bantu dari garis as.
  • Pada potongan yang sudah di tentukan lihat ruang apa saja yang tampak dan posisi kan ruangan tersebut pada potongan.
  • Untuk potongan yang kedua atau potongan yang lainnya dapat melakukan hal yang sama seperti membuat potongan yang pertama.
Ini adalah contoh potongan gambar denah rumah , mulai dari bawah pondasi akan tampak sampai ke atap, potongan tidak sama dengan tampak depan, tampak belakang atau pun tampak samping tapi potongan adalah bagian dari dalam rumah tersebut.

Cara Membuat Potongan Gambar Rumah Di Autocad
 
Dalam membuat potongan gambar rumah tidak terlalu sulit, intinya adalah denah memang harus benar - benar siap dan tidak ada lagi tambahan sebelum membuat potongan. 

Pada saat membuat potongan juga kita bisa menentukan dan merencanakan rencana atap pada gambar rumah, tetapi pada potongan hanya terlihat sebagian dari atap tersebut karena badan rumah sudah tampak sebagian.

Inilah cara membuat potongan gambar rumah di autocad, mungkin yang sedang dalam belajar membuat potongan bisa dengan panduan ini kali aja bisa membantu selamat mencoba membuat gambar potongan.

Posted by: Mas Civeng
Mas Civeng Updated at: Friday, June 24, 2016

0 komentar:

Post a Comment