Syarat Merencanakan Sebuah Pondasi Bangunan

Syarat merencanakan sebuah pondasi bangunan, suatu konstruksi tanpa pondasi bukan sebuah bangunan yang dapat di gunakan karena menyangkut atas ketahanan bangunan tersebut sehingga orang yang menggunakan bangunan tersebut tidak perlu khawatir atas keselamatan pada diri mereka terhadap bangunan tersebut.

Banyak hal yang harus di pelajari dalam merencanakan sebuah pondasi bangunan, diantaranya jenis pondasi harus di ketahui pada struktur yang akan di bangunan begitu pula jenis tanah yang akan di bangun pondasi tidak lain lagi bentuk dimensi pondasi sebuah struktur bangunan juga berpengaruh terhadap bangunan yang akan di rencanakan.

Sebelum membahas tentang apa saja yang perlu di ketahui dalam merencanakan sebuah pondasi bangunan ada baiknya kita terlebih dahulu mengetahui apa pengertian pondasi sebenarnya pada sebuah bangunan, dan apa tujuan pondasi tersebut sehingga begitu berperannya sebuah  pondasi pada sebuah konstruksi bangunan.

Apa itu pondasi bangunan?

Secara umum pondasi pada bangunan merupakan struktur bagian bawah bangunan yang berfungsi untuk menahan beban dari struktur atas, letak dan posisi pondasi berada di dalam tanah sehingga hubungan antara pondasi dengan tanah sangat menentukan kekuatan dan kekokohan pondasi tersebut menahan beban - beban yang di pikul.

Pada penerapannya pondasi harus direncanakan dengan baik, ketika beban yang di pikul sebuah pondasi melebihi kapasitas yang di rencanakan akan mengakibatkan pondasi tidak kuat menahan beban tersebut akibatnya struktur atas pada pondasi akan turun dan mengakibatkan kerusakan pada struktur bangunan tersebut.

Syarat Merencanakan Sebuah Pondasi Bangunan

Hal yang harus di perhatikan sebelum merencanakan sebuah pondasi
Sebelum merencanakan sebuah pondasi bangunan, ada beberapa hal yang perlu di perhatikan sehingga dalam merencanakan pondasi tentu tidak lagi khawatir atas kekuatan dan keamanan pondasi tersebut.
  1. Jenis tanah di bangunnya pondasi
  2. Bentuk dimensi pondasi
  3. Jenis pondasi yang akan di gunakan
  4. Daerah atau wilayah gempa 
  5. Beban - beban yang di pikul pondasi
Jenis tanah salah satu syarat berdirinya sebuah pondasi , dengan mengetahui jenis tanah maka pondasi dapat direncanakan pada tempat tersebut, banyak kasus terjadi ketika mengabaikan tidak adanya penyelidikan tanah di bangunnya  struktur yang mengakibatkan terjadinya penurunan bangunan.

Bentuk dimensi pondasi, juga sangat mempengaruhi kekuatan pada pondasi yang akan di rencanakan, walaupun jenis tanah sudah di uji dan bentuk dimensi pondasi tidak memadai , hal ini akan mengakibatkan robohnya bangunan.

Jenis pondasi yang di gunakan, sebelum menentukan jenis pondasi yang di gunakan, terlebih dahulu mengetahui struktur atau konstruksi apa yang akan di bangunan, sehingga jenis pondasi pada bangunan tersebut dapat di tentukan.

Daerah atau wilayah gempa, dengan mengetahui ini kita dapat menghitung bagaimana pengaruh gempa pada wilayah yang akan di bangun pondasi terhadap berdirinya struktur bangunan

Beban yang dipikul, untuk mengetahui kekuatan pondasi maka beban - beban yang di pikul pondasi tersebut harus di hitung sehingga pondasi dapat direncanakan dan dapat menahan gaya - gaya yang bekerja terhadap pondasi tersebut.

Syarat merencanakan sebuah pondasi bangunan diatas merupakan salah satu bentuk yang paling umum di lakukan, inti dari perencanaan sebuah pondasi bangunan adalah kekuatan pondasi tersebut serta kekokohan pondasi yang mampu menahan gaya - gaya yang bekerja terhadap pondasi tersebut.

Posted by: Mas Civeng
Mas Civeng Updated at: Friday, July 29, 2016

0 komentar:

Post a Comment