Batas Susut (Shrinkage Limit)

Mahasiswa teknik sipil dengan melakukan beberapa percobaan di lapangan maupun di laboratorium untuk mekanika tanah, diantaranya pengujian shrinkage limit yang dikenal juga adalah batas susut, dalam praktikum mekanika tanah mahasiswa melewati percobaan ini dengan tujuan untuk menentukan kadar air pada batas semi padat dab keadaan padat yang di sebut juga dengan batas susut dan di gunakan untuk menentukan sifat - sifat tanah.

Alat yang digunakan

Dalam percobaan tentu ada alat yang di gunakan untuk menentukan kadar air serta sifat - sifat tanah ini diantaranya adalah sebagai berikut:
  • Cawan poselin, yang berfungsi untuk di jadikan sampel
  • Monel dish, yang berfungsi untuk tempat tanah akan di uji
  • Cristalizing dish, yang berfungsi untuk tempat tanah akan di uji adapun ukuran dish diameter 5 cm dan overflow dish diameter 9 cm
  • Oven, yang berfungsi untuk mengeringkan sampel
  • Pelat kaca, yang berfingsi untuk tempat mengaduk tanah menjadi rata dengan air
  • Gelas ukur, yang berfungsi untuk menakar air dengan ketelitian angka dalam satuan milimeter
  • Spatula, yang berfungsi untuk meratakan cetakan tanah yang akan di jadikan sampel

Teori

Batas susut adalah batas dimana sesudah kehilangan kadar air tidak menyebabkan penyusutan tanah lagi. Batas susut akan menyusut apabila air yang dikandungnya secara perlahan-lahan hilang dalam tanah.


Dengan hilangnya air tanah perlahan-lahan tanah akan mencapai suatu tingkat keseimbangan dimana penambahan kehilangan air tidak akan menyebabkan perubahan volume.

Kadar air dinyatakan dalam persen, dimana perubahan volume suatu massa tanah berhenti didefenisikan sebagai batas susut (shrinkage limit).

Uji batas susut dilakukan dilaboratorium dengan menggunakan suatu mangkok porselin mempunyai diameter kira-kira 1,75 in (44,4 mm) dan tinggi kira-kira 0,5 in (12,7 mm).

Bagian dalam mangkok dilapisi dengan raselin (petrolium jelly) kemudian diisi tanah basah sampai penuh, permukaan tanah dalam mangkok diratakan dengan menggunakan penggaris yang bersisik lurus sehingga permukaan tanah tersebut menjadi sama tinggi dengan sisi mangkok.

Berat tanah basah didalam mangkok ditentukan kemudian dikeringkan didalam oven, volume contoh tanah yang telah kering ditentukan dengan cara menggunakan air raksa.

Posted by: Mas Civeng
Mas Civeng Updated at: Monday, August 01, 2016

0 komentar:

Post a Comment