Cara Memprint Gambar Autocad

Cara memprint gambar autocad, gambar kerja autocad sudah selesai di gambar namun masih bingung untuk mencetak gambar autocad nya, kali ini saya akan membahas tentang tutorial bagaimana print gambar autocad.

Sebelum memprint gambar tentu kita sudah menyiapkan kertas yang berukuran misalnya A4 atau A3 dan lain sebagainya, ada beberapa tips yang perlu kita ketahui, memprint gambar dengan skala, ataupun memprint gambar autocad tanpa skala dengan manual.

Disini saya akan menjelaskan print gambar autocad dengan menggunakan skala, karena sama print autocad dengan menggunakan skala lebih dominan di gunakan , dengan gambar kerja tanpa skala, untuk itu d bawah ini cara anda untuk mengetahui print gambar autocad dengan skala.

Cara memprint gambar autocad dengan skala

Print gambar autocad dengan menggunakan skala, dapat anda lakukan dari model, maupun layout pada autocad, jika anda ingin memprint gambar autocad anda dari model autocad anda harus membuat kop yang sudah memiliki ukuran kertas yang akan anda pakai.

Kop akan anda gambar pada model dengan ukuran yang sama dengan ukuran kertas yang anda pakai saat print gambar nantinya. Jadi ketika anda mau print kita tinggal plot kop gambar dan bisa langsung di print. 

Perhatikan saat membuat kop gambar kerja autocad, satuan yang dipakai untuk gambar kerja anda harus sama satuan kop yang anda gambar, misalnya jika satuan mm untuk gambar kerja anda, maka satuan untuk kop juga harus mm, begitu juga dengan satuan lainya.


Dan jika anda ingin memprint gambar autocad dengan menggunakan layout, anda harus mengatur pengaturan di layout, cara untuk mengatur pengaturan print anda di layout sebagai berikut:
  1. Buka gambar kerja anda
  2. Pilih layout pada layout utocad anda
  3. Klik kanan pada layout - pilih page setup manager
  4. Pilih modify
Seperti gambar dibawah ini, untuk mengatur page setup manager, pilih lah ukuran kertas dan jenis dan print anda, jika komputer anda tidak terhubung dengan printer , buat percobaan gambar dwg to pdf.



Jika sudah selesai langsung ok, lihat tampilan layout anda , lembar kosong dengan ukuran yang anda pilih adalah yang tampil pada layout anda.

Untuk melakukan print anda bisa langsung uji coba prakteknya utuk memanggi gambar kerja anda di tampilan layout.

Untuk percobaan print, gambar lah salah satu objek, misalnya persegi pajang, tarik dari sudut ke sudut tampilan layout anda. Seperti gambar di bawah ini.


Perhatikan gambar diatas, setelah selesai, untuk memanggil seluruh objek gambar kerja anda , ketik mv + enter  klik dari sisi ujung bawah kanan ke ujung kiri atas, maka objek anda akan muncul pada layout.

Setelah gambar anda muncul maka, anda bisa memperbesar dan memperkecil objek anda, dan untuk mengatur skala anda sebelum di print, cukup klik persegi panjang tadi ketik ch + enter. maka akan muncul pilihan pada custom mengatur skala gambar anda, mulai dari skala 1:1 sampai dengan skala seterusnya.

Setelah selesai maka semuanya sudah siap anda tinggal tekan ctrl + p, lalu print dan lihat hasilnya, untuk tambahan artikel ini , persegi panjang yang anda buat memanggil gambar kerja anda, bisa anda ganti dengan kop yang anda buat sebelumnya, baca lah dulu cara membuat kop link diatas supaya lebih mudah di mengerti.

Posted by: Mas Civeng
Mas Civeng Updated at: Friday, August 05, 2016

0 komentar:

Post a Comment