Dasar - Dasar Perencanaan Jembatan

Dalam pembangunan sebuah jembatan perlunya dasar - dasar dari pada perencanaan jembatan, yakni analisis pembebanan, analisis kekuatan, serta perencanaan yang mendukung bentuk bagaimana desain dari pada jembatan tersebut, misalnya jika ingin merencanakan sebuah jembatan gantung maka yang perlu di rencanakan adalah perencanaan kabel pada jembatan tersebut.

Dasar - dasar perencanaan jembatan
Pada sebuah perencanaan bangunan jembatan tentu kita harus memperhitungkan pembebanan yang di akibatkan oleh beban primer dan beban sekunder. 

Pembagian beban primer dan beban sekunder

Beban primer terdiri dari
  1. Beban mati
  2. Beban hidup
Beban sekunder terdiri dari
  1. Beban angin
  2. Beban gempa
  3. Beban rem
  4. Beban akibat susut dan rankak
  5. Beban akibat perubahan temperatur
  6. Beban gesek pada tumpuan
  7. Beban selama pekerjaan
Menganalis Kekuatan
Untuk menganalisi kekuatan struktur dan komponen yang berhubungan dengan beban yang di rencanakan, pada setiap perencanaan tentu harus memperhitungkan kekuatan serta tegangan yang di gunakan dan tidak boleh melebihi daya yang di dukung pada pembebanan jembatan.

Bangunan atas jembatan
Bangunan atas jembatan yang memikul beban lalu lintas yang melewati jembatan, untuk bangunan atas jembatan terdiri dari beberapa komponen - komponen yang harus di ketahui yaitu.
  1. Lantai jembatan
  2. Gelagar memanjang
  3. Gelagar melintang
  4. Sandaran
Lantai jembatan yang berguna untuk memikul beban lalu lintas yang akan melewati jembatan dan beban dan gaya akan di teruskan ke gelagar memanjang melalui gelagar melintang


Gelagar memanjang yang berguna untuk memikul beban dari lantai jembatan, gelagar memanjang di perhitungkan untuk balok menerus yang menumpu diatas tumpuan gelagar melintang.

Gelagar melintang yang berguna untuk memikul gelagar memanjang, beban yang di teruskan dari gelagar memanjang akan di pikul oleh gelagar melintang.


Sandaran yang berguna untuk para pejalan kaki, gaya yang ada pada sandarn akan di pikul oleh lantai dan gelagar pada jembatan begitu juga dengan adanya gaya dari pejalan kaki.


Dan selanjutnya untuk merencanakan sebuah perencanaan jembatan tentunya juga harus memperhitungkan pondasi yang sebagai struktur bagian bawah jembatan yang berfungsi untuk memikul semua beban yang ada pada jembatan, baik kenderaan yang melaju dan beban sendiri jembatan tersebut.

Posted by: Mas Civeng
Mas Civeng Updated at: Tuesday, August 09, 2016

0 komentar:

Post a Comment