Faktor Yang Menyebabkan Bangunan Menurun

Apa yang menyebabkan bangunan menurun, banyak kasus yang sering kita jumpai bahwa beberapa kegagalan bangunan konstruksi dikarenakan terjadinya penurunan bangunan tersebut, jika terjadi hal ini maka banyak yang akan menjadi masalah contohnya bangunan konstruksi terjadi kegagalan pada struktur bangunan ,terjadinya retak pada bangunan yang di sebabkan oleh tekanan daripada beban yang ada pada bangunan tersebut.

Pada dasarnya bangunan yang memiliki tekanan akibat beban - beban yang bekerja yang di teruskan ke tanah, dengan demikian tanah adalah salah satu penentu berdiri kokohnya suatu bangunan, yang sering terjadi ketika terjadi penurunan bangunan akibat kelalaian pada jenis tanah yang tidak di selidiki ataupun dengan kata lain kurang teliti atas pengujian tanah yang akan di bangun struktur bangunan.

Walaupun perencanaan struktur bangunan sudah direncanakan se detail mungkin, dan sudah dianggap kokoh dan kuat tetapi jika jenis tanah rencana berdiri bangunan tidak di uji akan membuahkan hasil yang kurang maksimal setelah bangunan berdiri, penurunan pada bangunan konstruksi tidak terjadi pada saat itu juga, penurunan bangunan akan terjadi dari waktu ke waktu.


Penurunan tanah banyak di sebabkan karena gedung tinggi seperti mall, hotel , apartemen, dan bangunan - bangunan konstruksi yang memiliki beban yang tinggi, untuk itu tanah yang akan di bangun struktur bangunan yang tinggi harus di uji sehingga tidak terjadi penurunan suatu saat bangunan sudah berdiri.

Beberapa di bawah ini faktor yang menyebabkan bangunan menurun
  1. Tidak memperkirakan beban pada bangunan, sehingga bisa jadi terjadi beban terlalu berlebihan sehingga daya dukung tanah tidak mampu menahan beban struktur.
  2. Terjadinya beberapa perubahan rencana pada desain dan pekerjaan yang sudah di rencanakan
  3. Jenis tanah tidak di uji atau di abaikan sehingga tidak tahu kekuatan atau kemampuan tanah menahan bangunan.
  4. Akibat adanya perubahan kondisi wilayah
Bangunan struktur akan aman dari penurunan , ketika perencanaan struktur bangunan memang sudah benar - benar di lakukan dengan baik, sehingga ketika bangunan sudah berdiri tidak berdampak negatif pada bangunan tersebut.

Banyak hal yang terjadi ketika bangunan mulai menurun , terjadi nya retak pada bangunan, dan kerusakan - kerusakan bangunan tersebut, bisa - bisa bangunan tidak layak di gunakan kalau akibat penurunan menyebabkan kerusakan - kerusakan bangunan.

Posted by: Mas Civeng
Mas Civeng Updated at: Friday, August 05, 2016

0 komentar:

Post a Comment