Baru Lulus Kuliah Sipil Ke Kontraktor Atau Konsultan

Halo teman teman teknik sipil, dimana pun anda berada anda bisa bertemu dengan para teknik sipil lainnya dengan hanya dengan menggunakan internet sekarang ini, banyak teman - teman sipil yang bertanya , saya baru lulusan teknik sipil, dan saya ingin mengenal dunia kerja teknik sipil, mana lebih baik langsung kerja di konsultan atau kontraktor?

Mungkin kita sudah paham apa itu konsultan dan apa itu kontraktor, intinya dalam sebuah pekerjaan proyek itu ada yang namanya konsultan sebagai pengawas seluruh pekerjaan yang dilaksanakan oleh kontraktor, berarti kontraktor itu adalah pihak yang melaksanakan pekerjaan proyek tersebut.

Terus bagimana dengan pertanyaan teman kita tadi , lulusan baru teknik sipil ada baiknya melalui karir nya di dunia kerja dari mana ya?

Baik lah teman - teman sekalian, setelah lulus kuliah teknik sipil ada baiknya kita sangat perlu memilih langkah awal untuk memulai pengalaman kita, kalau menurut pengalaman dari beberapa orang yang sudah terjun ke dunia teknik sipil, banyak diantara mereka mengambil langkah awal dari kontraktor?

Mungkin sebagian dari anda kenapa dikontraktor ya? ketika anda bekerja di kontraktor anda berada di pihak orang yang melaksanakan seluruh pekerjaan proyek sampai selesai, dan disini anda banyak bertambah pengetahuan, ilmu yang di dapatkan saat masa kuliah bisa anda terapkan disini, dan langsung bisa anda merasakan bagaimana cara pelaksanaannya di lapangan.

Kenapa tidak konsultan ya? jika anda sudah tahu tugas utama dari konsultan pengawas , anda akan tahu jawaban nya, namun disini akan sidikit bisa jelaskan kenapa anda bukan konsultan pengawas, dalam pekerjaan dunia teknik sipil, kita semua sudah tahu  adalah pekerjaan yang berhubungan dengan infrastruktur yang dapat di gunakan masyarakat umum dan bahkan untuk bangsa dan negara, pekerjaan teknik sipil juga harus benar benar di kerjakan dan tidak boleh main - main.



Maka dari itu untuk menjadi seorang konsultan pengawas harus memang benar - benar sudah punya pengalaman di bidang nya sehingga bisa mengawasi setiap item pekerjaan yang di kerjakan oleh kontraktor.

Jadi kalau yang masih baru lulus , sangat jarang sekali menjadi konsultan pengawas di dalam sebuah proyek, karena memang konsultan itu adalah sudah benar - benar mengetahui apa akibatnya jika ini atau itu di gunakan, anda mengerti sendiri.

Dan lebih enaknya adalah, ketika anda bekerja di kontraktor maka anda juga akan mendapat kan ilmu dari pihak konsultan yang sudah berpengalaman. di kontraktor anda juga tidak perlu takut salah, karena pekerjaan anda di awasi oleh konsultan.

Banyak yang bilang konsultan tidak sependapat dengan kontraktor, benarkah demikian? kalau itu sih tergantung dari setiap siapa kontraktor dan konsultannya, tapi salah paham itu wajar, namun bagaimana mungkin proyek selesai jika pihak konsultan dan kontraktor tidak sependapat.

Nah, bagi teman - teman teknik sipil yang sebelum nya masih binggun untuk memulainya, mungkin dengan membaca artikel saya ini bisa membuka sedikit jalan, inti nya jika anda sudah punya pengalaman pekerjaan di kontraktor maka anda sudah mempunyai tingkat untuk bisa menjadi seorang konsultan, karena jadi konsultan itu tidak gampang.

Demikian sedikit artikel mengenai kontraktor atau konsultan, mudah mudahan bisa membantu bagi anda yang saat ini yang lagi bingung memulai karier dari mana. semoga bermanfaat salam teknik sipil indonesia.

Posted by: Mas Civeng
Mas Civeng Updated at: Friday, March 03, 2017

0 komentar:

Post a Comment