Cara Mudah Memahami Gambar Konstruksi

Pentingnya suatu gambar untuk pekerjaan proyek. Yang mendasari sebuah pekerjaan dalam suatu proyek ada gambar dimana, gambar adalah salah satu acuan dimana kepala lapangan bisa melaksanakan proses berjalannya proyek.

Ketika sebuah pekerjaan bisa terhambat dan terlambat maka tidak sesuai dengan waktu yang sudah direncanakan salah satu yang membuat kejadian ini terjadi adalah gambar, Itulah makanya gambar itu sangat penting dalam pekerjaan proyek, seperti misalnya dalam membangun pabrik, konstruksi bangunan, rumah gedung bertingkat, jalan raya dan jembatan , bendungan, apapun pekerjaan konstruksi yang akan dilaksanankan.

Disini lulusan teknik bangunan, baik yang dari stm maupun dari sarjana, tentu harus tahu dan memang harus tahu membaca serta membuat gambar. karena tantangan yang dibutuhkan disini adalah menguasai teknik penggambaran pada suatu konstruksi.

Dunia teknik sipil sudah mencakup luas dan perhitungan - perhitungan sudah kita pelajari didalamnya, untuk itu seorang teknik sipil sudah bisa merancang dan merencanakan sebuah pekerjaan dibidang konstruksi yang sudah di sebutkan tadi.


Banyak orang menghiraukan dan tidak mau belajar memahami gambar konstruksi, dengan alasan hanya karena pada bagian posisinya disaat bekerja bukan di bagian gambar, ini adalah kesalahan besar jika seorang teknik sipil tidak memahami yang namanya gambar konstruksi, ketika dalam dunia kerja , kita harus mengetahui gambar konstruksi dulu baru kita bisa membahas pekerjaan konstruksi lebih lanjut lagi. 

Lalu bagaimana sih supaya cepat memahami gambar konstruksi.

Disini saya akan memberikan sebuah tips cara gampang untuk mengerti tentang gambar konstruksi, ada alasan kenapa saya memberikan tips ini, mungkin bagi anda yang sudah mahir dan punya banyak pengalaman dibidang konstruksi ada tidak perlu lagi melanjutkan untuk membaca nya, ini khusus adik-adik yang masih berada di bangku kuliah maupun yang masih mau belajar untuk memahami gambar konstruksi.

Dibawah ini tips untuk lebih mudah memahami gambar konstruksi:

1.Ketahuilah apa nama gambar konstruksinya.
2.Bedakan mana tampak gambar mana potongan gambar.
3.Perhatikan bagaimana tata letak pembesian pada gambar konstruksi anda
4.Perhatikan juga material apa yang digunakan.
5.Perhatikan satuan dimensi yang digunakan pada gambar.
6.Perhatikan skala gambar

Dan masih banyak lagi yang harus di perhatikan dalam membaca dan memahami gambar konstruksi, kita hanya tinggal belajar dan terus belajar sehingga bisa memahaminya.

Pentingnya suatu gambar di dalam bangunan konstruksi maka dengan itu kita di haruskan untuk memahami gambar konstruksi, jika kita ingin berperan di dunia konstruksi bangunan. cukup sekian materi saya hari ini , tunggu materi selanjutnya yang sesuai dengan gambaran seorang civil engineer. salam teknik sipil indonesia.

Posted by: Mas Civeng
Mas Civeng Updated at: Wednesday, March 01, 2017

0 komentar:

Post a Comment