Membuat Project Baru Pada Land Desktop

Sebelum menggunakan land desktop kita harus terlebih dahulu untuk membuat projek baru sehingga nantinya projek kita bisa berlanjut untuk merencanakan design yang sudah di rencanakan, maka kita perlu untuk mengatur terlebih dahulu pengaturan yang ada di dalam land dekstop untuk sebuah perencanaan. 

Sebelumnya nya saya sudah membahas materi tentang hal - hal mengenai land desktop dan langkah menggunakan land desktop jika belum membaca nya silahkan baca pada materi ini "Land desktop Untuk Perencanaan Jalan Raya''

Membuat project baru

Langkah ini merupakan langkah pertama kita, lalu apa yang harus kita setting untuk memulainya, diantaranya adalah, jarak, luasan, volume , skala, dantum, dan juga teks.

Langkah untuk membuat projek baru di land desktop.

1. Create New File
Ketika anda sudah membuka aplikasi landesktop anda maka anda bisa membuat nama project baru anda , pada Drawing Name, setelah selesai membuat nama projek anda bisa melanjutkan dengan mengklik Ok. Panduan gambar di bawah ini.


Gambar diatas menunjukan untuk membuat nama project seperti yang dilingkari karena ini adalah permulaan untuk membuat project baru maka anda tidak perlu mengatur dan mengubah yang lainnya , pengaturan selanjutnya akan datang, selanjutnya anda juga bisa klik creata project seperti pada gambar diatas, untuk membuat keterangan nama project anda.  dan untuk prototype , pilih default meter untuk dasar satuan gambar,selanjutnya klik ok.

2. Load Settings
Setelah anda klik ok yang muncul adalah load settings, untuk project baru yang anda selahkan pilih 
m1000.set (Metric, 1:1000) untuk pengaturan ini bisa anda atur lagi ketika proses anda mendesign lalu klik next.

3. Units
Perhatikan gambar yang muncul pada layar landestop anda , untuk pengaturan units kita perlu mengetahui satuan,

Linier Units , untuk linier units silakan pilih Meter dalam pengaturan ini satuan jarak yang di gunakan adalah meter

Angle Units , Pengaturan ini untuk mengatur satuan sudut, pilih Degrees

Display Style , Untuk mengatur sudut , pilih North Azimut

Display Precision, Untuk pengaturan ini silahkan masukkan angka untuk linear = 3, Elevation = 3, Coordinate = 4, Angular = 4
Setelah  pengaturan units selesai maka klik next untuk melanjutkan jika kuran jelas perhatikan gambar di bawah ini.


4. Scale
Pengaturan scale yang kita gunakan adalah pilih skala horizontal  1: 1000 dan untuk vertikal skala 1:100, dan untuk ukuran kertas nya pilih ukuran kertas A3, 297x420 selanjutnya klik next

5.Zone
Pada pengaturan ini, anda bisa menyesuaikan zona wilayah anda , untuk percobaan ini pilih zona Indonesia, Indonesia, Java Central: 108 to 114 deg East. Djakarta dantum dan selanjutnya klik  Next.

6. Orientation
Untuk Orientation menunjukan dimana titik koordinat x,y dan northing dan juga sudut yang mengarah ke utara. untuk pengaturan ini klik Next .

7. Text Style
Untuk Pengaturan teks silahkan pilih milli.stp untuk  style set name dan 5MM untuk style in the set , juga pilih 5 mm untuk select Current style. Tidak perlu kwatir pengaturan ini bisa kita atur lagi saat anda mendesign data anda nantinya. untuk melanjutkan silahkan klik Next .

8. Border
Untuk pengaturan border tidak perlu kutak katik, langsung saja klik Next .

9. Save Settings
Untuk pengaturan ini adalah langkah terakhir untuk membuat project baru silahkan buat nama set up jika anda ingin menyimpan untuk anda gunakan nantinya silahkan save, lalu klik finish untuk mengakhirinya.

Dengan melakukan Kesembilan langkah diatas anda sudah bisa membuat project baru dan selanjutnya adalah tinggal memasukkan data hasil pengukuran kedalam land desktop project yang sudah anda buat tadi.

Sesuai dengan judul diatas materi ini hanya untuk membuat project baru pada land desktop, materi selanjutnya adalah bagaimana cara untuk mengelola hasil data ukur dari lapangan ke dalam land dekstop.

Nantikan materi selanjutnya , materi diatas bisa anda ulang - ulang supaya lancar dan akan lebih mudah memahaminya jika anda sambil mengaplikasikannya, inilah sedikit tutorial tentang membuat project baru pada land desktop semoga bermanfaat.

Posted by: Mas Civeng
Mas Civeng Updated at: Sunday, March 05, 2017

1 komentar: