Perbedaan Besi Polos Dan Besi Ulir

Besi yang digunakan dalam bangunan konstruksi tergantung dari pada kebutuhan dan kekuatan struktur yang akan dirancang dan di bangun, dalam konstruksi bangunan besi sangat berpengaruh besar terhadap berdirinya suatu bangunan. Dalam beberapa pelaksanaan bangunan struktur kita harus tahu besi apa yang digunakan dan bagaimana bentuk besi yang akan di buat sesuai dengan dimensi bangunan yang ada, tentu yang digunakan adalah besi polos dan besi ulir.

Yang membedakan besi itu polos atau besi itu ulir salah satunya adalah bentuknya, dimana besi polos tidak memiliki bentuk apapun pada sisi besi tersebut sedangkan besi ulir memiliki lengkungan seperti sirip pada sisi besi tersebut.

Lalu kedua besi ini apakah memiliki perbedaan terhadap kekuatan dan ketahanan terhadap konstruksi bangunan, tentu ada perbedaan antara besi polos dan besi ulir terhadap ketahanan dan kekuatan struktur, dimana besi ulir akan lebih tahan dan kuat dibandingkan dengan besi polos jika di gunakan dalam suatu konstruksi bangunan.

Mungkin juga anda bertanya tentang harga kedua besi ini, besi polos akan lebih murah dibandinkan dengan besi ulir,  ini menunjukan bahwa volume yang dimiliki besi polos dan besi ulir dengan dia meter yang sama jelas berbeda dan akan lebih besar volume yang di miliki besi ulir.


Dalam penggunaan besi ulir dan besi polos pada struktur, dalam suatu struktur besi ulir dan besi polos dapat di gunakan dengan bersamaan, dengan memperhitungkan keuatan dan ketahanan yang telah di rancang oleh perencana.

Dalam merencanakan pembesian juga sangat penting kita teliti besi ulir di letakkan pada bagian struktur yang mana dan begitu juga besi polos juga di pasang di bagian struktur yang mana pula.

Secara umum pada penggunaan besi polos banyak di gunakan pada bangunan yang kecil , dan untuk bangunan yang skala besar tentu besi ulir di gunakan mengingat kekuatan konstruksi yang akan di banguna, bahkan pada struktur yang besar besi ulir dan besi polos dapat di gabungkan secara bersamaan dalam satu struktur.

Demikianlah penjelasan tentang besi polos dan besi ulir yang kita ketahui dalam bangunan , semoga bermanfaat bagi pembaca ilmu teknik sipil indonesia, nantikan artikel selanjutnya mengenai konstruksi bangunan sipil. 

Posted by: Mas Civeng
Mas Civeng Updated at: Thursday, March 02, 2017

0 komentar:

Post a Comment