Batu Bata Sebagai Material Bahan Bangunan

Batu bata yang terbuat dari tanah liat yang diproses dengan membakar sampai warna batu bata tersebut berupah menjadi merah. Pada dasar nya bata digunakan sebagai bahan material untuk membuat dinding bangunan.

Bahan material untuk membuat dinding bukan hanya bata, namun banyak jenis material yang bisa digunakan untuk membuat sebuah dinding, pembahasan pada artikel ini kita membahas mengenai material bahan bangunan untuk batu bata.

Mengenal Jenis Batu Bata sebagai Bahan Bangunan Terdapat 2 kategori bata yakni batu bata biasa dan bata muka, dimana:
  1. Bata biasa, ini juga disebut sebgai bata merah yang digunakan sebagai dinding , secara fisik batu bata biasa memiliki permukaan yang tidak merata begitu juga dengan warna jenis bata ini tidak dapat ditentukan karena berbeda-beda.
  2. Bata muka, batu ini juga digunakan sebagai dinding namun corak dan permukaan nya berbeda dengan bata biasa, permukaan dan warna batu bata muka biasanya memiliki permukaan yang mulus dan warna nya juga sama dengan yang lain
Jenis batu bata yang digunakan untuk membangun rumah.
Bata merah
Pada umumnya jenis batu bata ini digunakan untuk membagun rumah dan gedung – gedung dalam pemakainya batu bata merah lebih kuat dibanding dengan batu bata ringan , untuk medapatkan batu bata ini juga bisa terbilang cukup mudah.


Lebih dominan orang akan memilih batu bata merah untuk membangun rumahnya, alasanya adalah gedung akan tahan lama dan disamping kuat dan kokoh juga tahan dengan api, bata merah terbuat dari tanah liat yang di bakar jenis tanahnya juga bukan asal tanah karena tanah nya dipilih yang cocok untuk proses pembuatan batu bata.

Batako
Batako dan bata merah memiliki perbedaan, salah satunya proses pembuatan batako merupakan campuran dari semen dan pasir kasar yang di lakukan percetakan kemudian di press. Bukan hanya itu saja kandungan dari batako juga ada beberapa jenis material yang di gunakan seperti batu tras kapur dan air.

Masalah kekuatan tentu bata merah lebih kokoh dari pada batako, sering terjadi keratakan bangunan yang jika ini digunakan untuk bangunan akan lebih panas dan pengap karena tidak tahan terhadap panas matahari dibanding dengan bata merah lebih sejuk dan tahan panas karena bata merah terbuat dari tanah.

Jenis Batako:

Batako Putih (Tras), Batuan yang sudah lapuk dari letusan gunung merapi merupakan tras ataupun batako putih material nya adalah campuran dari batu kapur dan air yang berukuran 25 – 30 cm dengan tebal 14 -18 cm dan tinggi 14 – 18 cm.

Batako semen PC atau Batako pres, Bahan material terbuat dari campuran semen PC dan pasir atau abu batu. Batako semen Pc dapat dibedakan tingkat kepadatanya apakah bata tersebut di pabrikasi dengan menggunakan tangan atau menggunakan mesin. Ukuran batako PC semen pada umumnya 36-40 cm dengan tebal 8 – 10 cm dan tinggi 18 cm.

Bata Ringan, Bata ringan yang disebut dengan hebel atau celcon proses pembuatan bata ringan ini sudah termasuk maju karena di pabrikasi dengan menggunakan mesin pabrik. Bata ringan banyak digunakan karena permukanan bata ringan halus dan rata, bata ringan juga membantu mengurangi beban yang pada bangunan – bangunan konstruksi , secara pelaksanaan dengan menggunakan bata ring proses pekerjaan bisa lebih mudah dan cepat.

Selain itu Kelebihan dari bata ringan adalah bisa langsung di beri aci tanpa harus di perlester terlebih dahulu, dengan menggunakan semen khusus. Ukuran dari bata ringan pada umumnya 60 cm x 20 cm dengan tebal 8 – 10 cm.

Bataton, Bataton di cetak dengan berbagai bentuk yang memiliki rongga-rongga yang dapat digunakan untuk baja dan tiang kolom dan juga untuk jalur pipa dan kabel listrik. Rongga berperan juga sebagai isolator panas, dengan adanya sinar matahari yang di terima bataton tidak akan sepenuhnya masuk kedalam ruangan.

Secara konstruksi bataton akan lebih ekonomi jika di banding dengan bata merah. Tidak perlu menggunakan bekisting jika membuat kolom praktis , sloof dan ring balok, karena sudah memiliki rongga – rongga cukup hanya menggunakan besi dan tinggal cor.

Posted by: Mas Civeng
Mas Civeng Updated at: Friday, January 19, 2018

0 komentar:

Post a Comment

Perhatian!!! Komentar berupa Link Aktif Tidak Akan Di Publikasikan , Komentar Berlaku Untuk Saran dan Kritik Sebagai Kemajuan Situs. Silahkan Hub. Admin Untuk Beriklan