Gorong - Gorong atau Pipa Beton Bertulang (RCP)

Pipa betong bertulang (Reinforced Concrete Pipe), Pipa gorong – gorong sudah tidak asing lagi bagi anda yang sudah memperlajari tentang saluran drainase, Pipa beton bertulang merupakan pipa yang memiliki bentuk lingkaran dengan material seperti semen, pasir, batu pecah dan split, dan juga memiliki tulangan ataupun pembesian didalamnya.

Apakah ada Pipa beton yang tidak memiliki tulangan,? Mungkin sebagian ada yang belum tau bahwa ada pipa beton yang tidak memilik tulangan atau pun tidak memiliki pembesian didalamnya, yaitu Pipa beton tanpa tulangan atau Non Reinforced Pipe (NRCP) merupakan pipa beton bertulang tanpa tulangan, bentuk dan material sama dengan Reinforced Concrete Pipe hanya saja gorong – gorong ini tidak memiliki tulangan.

Cara pembuatan Pipa beton Bertulang Pipa beton bertulang di pabrikasi dengan menggunakan mesin, cara pembuatan cukup modern dan canggih ukuran diameter pipa beton bertulang berbagai macam ukuran, pipa beton betulang tidak dibuat langsung di lapangan atau lokasi pekerjaan, namun pipa beton bertulang di pesan terlebih dahulu kepada supplier penyedia produk pipa beton bertulang, Sekarang sudah banyak orang yang berjasa jual pipa beton bertulang dengan berbagai jenis ukuran / diameter yang sesusai dengan kebutuhan di lapangan.

Kita hanya tinggal pesan dan beli pipa beton bertulang dengan mudah sesuai kebutuhan. Pen jual atau pun distributor pipa beton juga memiliki daftar harga gorong – gorong serta spesifikasi ukuran pipa beton, sehingga mempermudah kita untuk mendapatkannya.

Bentuk dan kegunaan Pipa beton
  1. Reinforced Concrete Pipe (RCP) jenis Pipa yang memiliki tulangan ini merupakan pipa beton bertulang yang di peruntukkan untuk menahan beban berat. Tekanan tanah dan tekanan yang di lalui pipa beton bertulang ini adalah berat , untuk itu Reinforced Concrete Pipe (Rcp) mempunyai tulangan dan harus kuat, sehingga jika ada tekanan yang tinggi melalui, maka rcp akan tetap kuat dan kokoh.
  2. Non Reinforced Concrete Pipe (NRCP) Jenis pipa beton yng tidak memiliki tulangan ini hanya mampu menahan beban yang ringan saja, dan jenis pipa ini tidak di gunakan untuk beban – beban berat
Metode Pelaksanaan Pipa beton bertulang

Dalam suatu proyek jalan dan saluran drainase di butuhkan pipa beton bertulang (RCP) / Gorong – gorong untuk memperlancar saluran drainase. Gorong – Gorong di tempatkan di bawah jalan datupun di dalam tanah, namun kedua ujung Pipa beton akan tampak. Reinforced Concrete Pipe (RCP) yang di pasang di lapangan harus terlebih dahulu melakukan pengecekan elevasi daerah saluran air mengantisipasi agar tidak terjadi genangan air didaerah pipa gorong-gorong dengan demikian pipa gorong – gorong berfungsi sebagaimana mestinya.

 Contoh Pipa Beton Bertulang

Pipa beton yang akan di tempatkan di lapangan, harus sesuai dengan elevasi yng sudah di rencanakan, hindari penggalian yang terlalu dalam supaya pada saat rcp di masukan sesuai dengan elevasi yang telah di tentukan, kalau galian sudah telalu dalam maka adanya dua kali kerja nimbun lagi, karena harus mengikuti elvasi yang sudah ada.

Dalam pelaksanaan dilapangan juga harus mengikuti gambar detail gorong – gorong / pipa beton sesuai dengan konstruksi yang di rencanakan. Pemasangan Rcp atau Gorong – gorong dengan cara bertahap, dengan menyambukan rcp yang satu dengan rcp yang lainya sehingga menyatu. 

Pemasangan ini dapat dilakukan dengan tidak menggunakan seluruh badan jalan yang di pakai sebagai jalur yang dilalui, tetapi di pasang dengan setengah- setengah, kecuali ada jalan alternatif yang tidak mengganggu pelaksanaan gorong-gorong.

Manfaat Pipa Beton

Pipa beton sangat bermanfaat untuk saluran drainase, di lingkungan yang rawan banjir, pipa beton sangat membantu mengalirkan air ke daerah aliran drainase, dan memperlancar aliran air. Ketika hujan deras pada suatu tempat misalnya pada persimpangan jalan tidak ada gorong-gorong maka yang terjadi adalah genangan air di daerah jalan tersebut yang bisa mengakibatkan banjir, disini lah peran pipa beton ,gorong – gorong dimana genangan yang ada di permuakan jalan akan di teruskan ke pipa beton dan di alirkan ketempat yang telah di tentukan.

Untuk system drainase bentuk saluran dapat berbeda – beda, bukan hanya Pipa beton yakni anda juga pasti mengenal yang namanya box culvert, fungsinya sama dengan pipa beton, hanya saja bentuk nya berbeda beda, yang jual box cuvert juga ada dan banyak juga langsung di pabrikasi di lapangan menggingat kondisi dan dimensi box culvert yang beragam dan bervariasi.

Posted by: Mas Civeng
Mas Civeng Updated at: Wednesday, February 07, 2018

0 komentar:

Post a Comment

Perhatian!!! Komentar berupa Link Aktif Tidak Akan Di Publikasikan , Komentar Berlaku Untuk Saran dan Kritik Sebagai Kemajuan Situs. Silahkan Hub. Admin Untuk Beriklan