Cara Cepat Select Objek Di Autocad

Cara cepat select objek di autocad dalam menggambar autocad kita ingin bagaimana cara kita lebih cepat dalam menggambar di aplikasi autocad, kita cukup tau bahwa menggambar dengan menggunakan autocad akan lebih baik jika kita mengetahui fungsi dari tool yang termuat di autocad itu sendiri.

Barang kali pada saat anda menggambar suatu objek pada autocad, akan banyak garis garis tertentu yang akan di buat dan bahkan masing – masing garis yang di gunakan berbeda layernya dengan tujuan untuk mengetahui perbedaan garis tersebut.

Sudah menggambar begitu banyak tentu ada masalah bagaimana cara kita untuk memilih atau select objek yang ada , apakah kita memilih atau select satu – satu obeject tersebut? Kalau kita memilih satu – satu pasti akan membutuhkan waktu dan bisa lama apalagi gambar anda berskala besar.

Namun disini saya akan memberikan tips bagaimana cara kita memilih objek yang lebih dari satu hanya dengan mengunakan perintah saja. Tanpa memilih satu per satu objek, mungkin anda sudah tau cara select objek lebih dari satu dengan menggunakan shift – dengan pengaturan autocad pada option – use shiff to add to selection, namun cara ini menurut saya juga membutuhkan waktu karena kita juga memilih dengan satu – satu.

Pada artikel kali ini saya akan membagikan cara yang berbeda hanya dengan menggunakan layer pada autocad anda. Disini lah fungsi dari pada objek yang mempunyai layer dan yang tidak . saran saya setiap garis yang anda gambar sebaiknya dibuat layer dengan warna yang anda sukai sehingga pada saat select objek kita tidak kewalahan memilih objek satu per satu.

Sebagai salah satu contoh saya membuat objek dengan layer yang berbeda – beda.


Perhatikan gambar diatas ada objek dengan layer yang berbeda,

Saya buat layer nya adalah kuning, merah, ungu, dan biru. Pada masing – masing warna atau layer ada 5 objek. Contoh ini adalah gambar skala kecil dan hanya ada 5 objek yang akan di select dan juga berdekatan, namun bagaimana kalau gambar anda skala besar dan objek yang akan di pilih lebih dari 100 sampai seterusnya,?

Mengatasi masalah tersebut ikuti cara berikut: 
Tugas kita adalah ingin memilih objek lebih dari satu di autocad
  1. Layer yang akan di select harus sama
  2. Select objek satu yang akan di Pilih
  3. klik kanan pada objek tersebut
  4. Select Similar

Setelah klik select similar seluruh object yang serupa dengan layer pilihan anda di no (2) akan aktif dan sudah di select keseluruhan. Cara ini cukup mudah dan gampang, yang terpenting adalah anda harus mengetahui apa layer pada setiap objek yang akan anda select. Sampai disini tutorial cara cepat select object di autocad, semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Posted by: Mas Civeng
Mas Civeng Updated at: Tuesday, March 27, 2018

0 komentar:

Post a Comment

Perhatian!!! Komentar berupa Link Aktif Tidak Akan Di Publikasikan , Komentar Berlaku Untuk Saran dan Kritik Sebagai Kemajuan Situs. Silahkan Hub. Admin Untuk Beriklan