Cara Mencari Elevasi Dari Hasil Data Survey

Cara Mencari Elevasi Hasil Data Survey Elevasi sangat penting dalam sebuah pekerjaan proyek konstruksi misalnya di bidang bangunan gedung , jembatan, irigasi maupun jalan raya. Banyak kasus dalam mencari elevasi dari hasil data survey salah, jika tidak di koreksi kembali.

Para surveyor melakukan pengambilan data di lapangan terkadang perhitungan elevasi mungkin saja salah karena banyak pengaruh yang terjadi di lapangan. Dan bahkan beberapa survey menentukan beberapa elevasi saja yang menjadi patokan untuk elevasi berikutnya.

Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan bagaimana cara kita untuk mencari elevasi yang di berikan survey jika data yang di berikan hanya elevasi penentu. Disini kita misalkan adalah data untuk cross section jalan raya atau irigasi (saluran).

Mungkin anda pernah mendapatkan data dari survey dimana data tersebut hanyalah data bacaan belakang dan bacaan muka beserta elevasi pada tinggi alat.

Contoh data adalah sebagai berikut:


Pada kolom elevasi diatas survey hanya menentukan satu elevasi yaitu 11.418 dan untuk elevasi selanjutnya ada sebagian survey tidak menghitung elevasinya kita anggap data yang kita terima tidak memiliki elevasi.

Cara menghitung elevasi berikutnya sangat simpel beberapa teman mungkin ada yang belum tau, caranya adalah kita tinggal mengurangkan elevasi penentu dengan bacaan muka kiri dan kanan.

Dari data diatas kita ambil contoh:

Untuk mencari elevasi di jarak 0 ke kiri maka kita dapat merumuskan elevasinya 11.418 – 0.755 Untuk mencari elevasi di jarak 2 ke kiri maka kita dapat merumuskan elevasinya 11.418 – 1.000 Untuk mencari elevasi di jarak 1 ke kanan maka kita dapat merumuskan elevasinya 11.418 -1.155 Untuk mencari elevasi di jarak 1.5 ke kanan maka kita dapat merumuskan elevasinya 11.418 – 1.746
Begitu seterusnya untuk mencari elevasi ke kanan dan ke kiri dari contoh data cross section diatas. 

Materi ini adalah sebagai pengantar untuk artikel selanjutnya, setelah artikel ini nanti saya akan mencoba membuat artikel berkaitan yakni, bagaimana cara untuk memploting data cross section seperti contoh diatas ke dalam autocad dengan mengunakan rumus excel.

Baik sampai disini artikel mencari elevasi dari hasil data survey mudah – mudahan bermanfaat jika ada kritik dan saran anda bisa anda masukan pada kolom komentar di bawah. Salam ilmutekniksipilindonesia.com

Posted by: Mas Civeng
Mas Civeng Updated at: Tuesday, March 27, 2018

1 komentar:

Perhatian!!! Komentar berupa Link Aktif Tidak Akan Di Publikasikan , Komentar Berlaku Untuk Saran dan Kritik Sebagai Kemajuan Situs. Silahkan Hub. Admin Untuk Beriklan