Metode Kerja Pengujian Tiang Pancang Menggunakan PIT Dan PDA TEST

- November 22, 2020

Pengujian tiang pancang merupakan salah satu hal yang harus dilakukan pada suatu pekerjaan pondasi dalam. Pengujian ini bertujuan untuk mendapatkan daya dukung tiang terhadap beban yang bekerja dan masih berada dalam toleransi penurunan yang diijinkan.

Berikut penjelasan mengenai metode pengujian tiang pancang menggunakan PIT dan PDA Test :

Pile Integrity Test (PIT)

Pile Integrity Test (PIT) juga dikenal sebagai uji rendah ketegangan dinamis, uji gema sonik, dan uji integritas strain rendah merupakan salah satu metode untuk menilai kondisi poros dan untuk mengetahui keutuhan/integritas luas dan volume pondasi tiang dengan menganalisa kemungkinan adanya retakan atau necking yang terjadi pada tiang Pancang atau Bor.

Pengujian menggunakan satu atau dua accelerometers untuk tiang pondasi, dan menggunakan palu kecil untuk memukulnya. PIT menampilkan kurva yang mengungkapkan perubahan signifikan dalam penampang yang mungkin ada sepanjang tiang.

Pile Driving Analyzer (PDA) test

Pile Driving Analyzer (PDA) test adalah alat yang digunakan untuk mengetahui Kapasitas Daya Dukung (Bearing Capacity). Uji pembebanan dinamik dengan menggunakan PDA test adalah berdasarkan teori persamaan gelombang yang terjadi disepanjang pile akibat dari pembebanan.

Tegangan (Strain) yang terjadi pada dinding pile dan perpindahan relative antara pile dengan elemen tanah akan menghasilkan gelombang reaksi elemen tanah di sekitar pile selama pembebanan.

Perhatian!!! Komentar berupa Link Aktif Tidak Akan Di Publikasikan , Komentar Berlaku Untuk Saran dan Kritik Sebagai Kemajuan Situs. Silahkan Hub. Admin Untuk Beriklan

 

Start typing and press Enter to search