Apa Manfaat Organisasi Dalam Proyek

Apa manfaat organisasi dalam proyek? begitu pentingnya organisasi dalam melaksanakan suatu proyek  dalam halnya suatu organisasi akan bisa membantu pencapaian pekerjaan - pekerjaan proyek yang akan dilaksanakan. Hal pengorganisasian dalam proyek akan melibatkan semua pihak yang terkait dalam pekerjaan proyek tersebut.

Pelaksanan proyek harus diselenggarakan secara menyeluruh mulai dari perencanaan,pembangunan fisik ,sampai dengan pemeliharaan yang melibatkan bermacam-macam unsur dan komponen pendukung.Salah satu bagian dari manajemen proyek yang memegang peranan cukup penting adalah organisasi proyek.

Sebuah proyek akan berhasil jika di dalamnya terdapat pengorganisasian yang baik. Pengorganisasian tersebut merupakan pengelolaan proyek dengan tujuan mengatur tahap–tahap pelaksanaan pekerjaan dalam mencapai sasaran. 

Sedangkan organisasi proyek merupakan suatu sistem yang melibatkan banyak pihak yang bekerja sama dalam melaksanakan serangkaian kegiatan. Oleh karena itu unsur-unsur yang terlibat dalam pengelolaan harus saling bekerja sama dan mempunyai rasa tanggung jawab terhadap tugas, kewajiban serta wewenang yang telah diberikan sesuai bidang dan keahlian masing-masing.

Keuntungan dari adanya Organisasi dalam suatu proyek adalah

  1. Pekerjaan dapat dilaksanakan secara matang.
  2. Pekerjaan yang tumpang tindih dapat dihindari dengan dilaksanakannya pembagian tugas serta tanggung jawab sesuai keahlian.
  3. Meningkatkan pendayagunaan dana,fasilitas,serta kemampuan yang tersedia secara maksimal.
  4. Mengendalikan schedule, budget, dan sumber daya ( resources ) proyek.
  5. Mengurangi jumlah pekerjaan yang mungkin terlewati.
  6. Melakukan standarisasi dari pekerjaan proyek yang terlewati
Balik lagi dengan kata organisasi pelaksanaan proyek yang merupakan suatu alat yang di gunakan untuk pengendalian proyek dan pelakasanaan proyek, dalam pencapaiannya oarganisasi dapat kita katakan berhasil dilaksanakan ketika mampu mengendalikan beberapa bagian utama dalam pekerjaan tersebut, diantaranya adalah mutu, waktu, dan biaya. dan organisasi proyek harus mempunyai ciri - ciri dengan adanya sekelompok orang yang bekerja sama atas dasar hak , kewajiban serta tanggung jawab masing - masing pihak.

Posted by: Mas Civeng
Mas Civeng Updated at: Thursday, November 05, 2015

2 komentar:

  1. Saya tertarik dengan tulisan anda mengenai Dunia Teknik, menurut saya bidang studi teknik merupakan bidang studi yang sangat menarik
    juga banyak hal yang bisa dipelajari di dunia teknik.
    Saya juga mempunyai tulisan yang sejenis
    mengenai bidang teknik yang bisa anda kunjungi di Lembaga Teknik Sipil

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih atas respons anda untuk tulisan saya, salam berbagi ilmu teknik

      Delete