Menghitung Volume Cross Section Jalan Koordinat Di Nolkan

Cara menghitung volume cross section pada jembatan, dengan menggunakan titik koodinat di nol kan, dari autocad kita dapat mengetahui titik koordinat yang akan di hitung volume cross sectionnya. Cross Section yang digambar pada autocad adalah hasil hari survei yang didapat data dari lapangan. Setelah itu data yang diperoleh dapat di aplikasikan ke dalam autocad. 

Hasil pengukuran bertujuan dalam pekerjaan untuk menghitung volume pekerjaan jalan tersebut, misalnya untuk menhitung volume galian dan timbunan, volume material lainya seperti Ac-Wc , Ac-Bc, Ac - Bace dan material lainya.

Jika anda pernah menghitung volume cross section tidak asing lagi kalau mendengar namanya titik koordinat yang di dapat dari dalam autocad. jika masih belajar dibawah ini adalah gambar cross section yang di gambar dalam autocad.


Pada gambar tersebut terdapat elevasi , jarak dan dantum, gambar cross section diatas yang di gambar dari data yang diperoleh dari lapangan ataupun hasil survei, lalu bagai mana kita mendapatkan volume dari cross section tersebut?

Cara yang paling umum digunakan adalah dengan cara mengetahui titik koordinat pada gambar yang telah ditandai sebagai garis poligon tertutup sehingga setiap luas dari pada object dari hasil gambar berdsarkan data lebih akurat. Kita dapat menghitung luas dengan titik koordinat terlebih dahulu sehingga mendapatkan volume nantinya per cross section yang telah digambar. Baca cara menghitung volume dengan titik koordinat.

Setelah membaca yang perlu kita pahami adalah posisi sumbu x dan y pada setiap cross section harus di nol kan terlebih dahulu sehingga ketika mendapatkan nilai x dan y yang akan di masukan ke dalam format excel. Perhatikan gambar dibawah ini cara menolkan sumbu x dan y pada setiap cross section.


Lihat gambar kedua diatas sumbu x dan y sudah di nol kan maka kita dapat mengambil titik koordinat. Untuk menolkan sumbu x dan y dapat dengan carra ketik Ucs + Enter dan letakkan kursor mouse anda pada titik nol-nol seperti gambar diatas klik lalu tekan Enter. Sehingga mulailah dapatkan titik koordinat masing-masing cross section yang telah digambar.

Posted by: Mas Civeng
Mas Civeng Updated at: Saturday, March 05, 2016

0 komentar:

Post a Comment