Cara Membuat Time Schedule Kurva S Proyek

Dalam membuat time schedule yang pasti sudah mengetahui cara membuat rencana anggaran biaya atau RAB, sehingga untuk membuat time schedule kurva s dari hasil rencana anggaran biaya yang di peroleh dalam halnya sema pekerjaan sudah di muat didalam rab.

Apa yang dimaksud dengan kurva s? dalam dunia teknik sipil sudah sering sekali mendengar yang namanya time schedule yang berbentuk kurva s, baik di masa perkuliahan ataupun di dalam pekerjaan proyek teknik sipil.

Kurva s merupakan salah satu bentuk hubungan antara bobot dengan waktu pekerjaan proyek yang dapat di capai dalam sebuah pekerjaan proyek, banyak keuntungan yang di dapat dengan menggunakan kurva s dalam melaksanakan pekerjaan proyek

Manfaat kurva s
  1. Berfungsi sebagai jadwal pekerjaan proyek yang dimana pekerjaan tersebut dapat di ketahui mulai dari awal proyek sampai dengan akhir pekerjaan selesai.
  2. Berfungsi sebagai bahan untuk laporan yang buat oleh pelaksana proyek kepada pemilik proyek dan juga pengawas proyek.
  3. Berfungsi untuk mengetahui kinerja proyek, dalam kurva s dapat terlihat bagaimana kemajuan dari pada pelaksanaan proyek.
  4. Berfungsi untuk mengontrol semua devisi pekerjaan proyek mulai dari awal sampai akhir pekerjaan proyek
  5. Berfungsi untuk meminimalisir terjadinya keterlambatan pekerjaan proyek akibat terjadinya pekerjaan yang berganda
  6. Berfungsi sebagai bentuk persetujuan dari pemilik proyek yang mengetahui berapa lama waktu pekerjaan sampai selesai.
Cara membuat kurva s
Sebelum anda membuat kurva s terlebih dahulu anda sudah mengetahui cara membuat rab karena data yang didapat dari rab adalah acuan untuk membuat kurva s, semua bentuk pekerjaan y anda di rab per divisi yang di muat di kurva s nantinya, 


Setelah membaca artikel diatas tentu anda sudah tahu setiap pekerjaan di muat dalam rab tersebut, berikut contoh di bawah ini antara bobot pekerjaan dan waktu pekerjaan dalam bentuk kurva s.


Perhatikan bobot pada gambar diatas, jumlah bobot dari seluruh pekerjaan adalah 100, dan untuk menghitung bobot setiap janis pekerjaan dapat dilakukan dengan cara menghitung hasil rencana anggaran biaya yang telah dibuat.

Hasil bobot dapat di peroleh dari, perhitungan volume x harga satuan dibagi dengan seluruh jumlah per devisi setiap pekerjaan dan di kali dengan 100.

Setelah bobot sudah didapat selanjutnya menghitung jumlah bobot dan kumulatif bobot mulai dari hari pertama minggu pertama sampai selesainya pekerjaan yang dibuat di rab. Berikut contoh gambar untuk menghitung jumlah bobot dan kumulatif bobot.


Perhatikan gambar diatas , linkaran warna merah diatas pada minggu pertama, hasil 0,95 merupakan hasil bagidari bobot dan hari, jadi pada gambar diatas adalah 3,81/4 = 0,95 begitu selanjutnya pada hari kedua , ketiga, dan seterusnya, jika pada pekerjaan tersebut membutuhkan kolom pekerjaan.

Lihat tanda panah pada gambar diatas 2,20 pada hari pertama adalah jumlah seluruh bobot yang ada pada kolom hari pertama minggu pertama, untuk mengetahui peerhitungan tanda panah pada gambar diatas lihat contoh gambar dibawah ini.

Mungkin anda bertanya dari mana rumusnya untuk mendapatkan 4,40 pada gambar diatas, pada kumulatif bobot dapat di peroleh jika jumlah bobot sudah di hitung, perhatikan warna lingkaran merah dan biru dengan angka 2,20 merah dan 2,20 biru, maka 4,40 adalah jumlah dari keduanya.

Begitu juga seterusnya untuk mencari kumulatif bobot gambar diatas 6.60 adalah hasil penjumlahan dari angka 4.40 ditambah dengan 2.20 kekanan, biar lebih paham kita ambil salah satu contoh lagi untuk angka 9.03 adalah hasil penjumlahan dari 6,40 + 2.43 = 9,03.

Untuk selanjutnya bisa di hitung dengan cara perhitungan yang sama sehingga kumulatif bobit nantinya mencapai 100 dan harus sama dengan jumlah bobot 100, untuk membuat grafiknya saya rasa anda sudah tahu menggunakan excel anda tinggal membuat grafik kurva s data yang sudah anda dapatkan. 

Mungkin sampai disini artikel cara membuat time schedule kurva s proyek, mudah - mudahan dapat membantu anda yang sedang mencari tahu cara membuat kurva s, cara membuat kurva s dengan format excel diatas mungkin masih belum lengkap mohon untuk memakluminya.

Posted by: Mas Civeng
Mas Civeng Updated at: Wednesday, August 03, 2016

0 komentar:

Post a Comment