Cara Menghitung Perkiraan Harga Bangunan Rumah

Menghitung dan memperkirakan bangunan rumah adalah tindakan sebelum melaksanakan pekerjaan, dan tentu harus terlebih dahulu memperhitungkan kebutuhan - kebutuhan apa saja yang di butuhkan dalam membangun sebuah rumah.

Harga bangunan rumah dapat di perkirakan dengan menghitung dan merencanakan anggaran biaya bangunan, mulai dari awal dari pekerjaan sampai selesainya pekerjaan bangunan tersebut, banyak alasan kenapa harga bangunan harus di hitung dulu sebelum mengambil tindakan untuk melaksanakan bangunan.

Menghitung harga bangunan dan biaya rumah sangat penting untuk meminimalisir dana yang akan di keluarkan dengan memperkirakan bahan untuk rumah tidak perlu repot lagi saat pekerjaan sehingga tidak berdampak negatif pada pelaksanaan pekerjaan bangunan rumah yang mengakibatkan adanya penundaan pengerjaan jika masalah dana dan bahan tidak dapat teratasi.

Ketika ada suatu project yang akan di rencanakan untuk mendirikan sebuah bangunan rumah dengan macam type yang di pilih tentu setiap tipe rumah memiliki anggaran yang berbeda - beda untuk itu dengan mengetahui biaya yang di perlukan untuk membangun rumah, bisa di hitung dengan merencanakan desain bagaimana type rumah tersebut.

Rencana desain tipe rumah sudah di tentukan maka kita dapat mencari kebutuhan bahan - bahan bangunan yang akan di gunakan untuk macam type rumah yang akan di bangunan tergantung bahan dan material yang akan di gunakan pada bangunan tersebut.


Contoh perhitungan harga bangunan rumah dengan memperkirakan harga dengan bentuk tipe rumah yang bermacam.

Rumah yang anda rencanakan adalah tipe 54 dan tipe satu lantai dengan ukuran 9 m x 6 m dan harga perkiraan untuk biaya untuk per meter perseginya mulai dari 1,5 s/d 3 jt untuk rumah minimalis dan mewah.

Jika di hitung untuk rumah type 54 tersebut dengan adalah
9 m x 6 m = 54 meter persegi x Rp 1.500.000 = Rp 81.000.000
9 m x 6 m = 54 meter persegi x Rp 3.000.000 = Rp. 162.000.000

Untuk memperkirakan harga bangunan rumah tipe yang lain misalnya type rumah, 21, 36, 45, 72, 150 dan lainya bisa coba dengan cara menghitung biaya anggaran rumah diatas. dengan mengalikan type rumah tesebut dengan harga perkiraan untuk harga per meternya.

Lebih detail untuk menghitung biaya bangunan rumah serta cara mempermurah biaya dalam membangun rumah bisa membuat rencana anggara biaya bangunan ( RAB ), semua bahan yang di perlukan dapat di muat dalam rab. 


Dalam membuat rab kita dapat meminimalisir biaya bahan bangunan dengan usaha supaya tidak mendapat kerugian dalam membangun rumah, selain itu juga dapat mempercepat proses pekerjaan bangunan rumah.

Sedikit artikel mengenai cara menghitung perkiraan harga bangunan rumah, cara ini dapat di lakukan untuk lebih cepat untuk memperkirakan berapa biaya bangunan rumah yang akan di bangun, dan di bantu dengan membuat rab maka kita dapat memperkecil dana yang akan di pakai untuk membangun rumah yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan.

Posted by: Mas Civeng
Mas Civeng Updated at: Wednesday, August 10, 2016

0 komentar:

Post a Comment