Menghitung Volume Galian Dan Timbunan

- Maret 08, 2016
Menghitung volume galian dan timbunan , seperti pada jalan raya , pada setiap pekerjaan tanah terdapat perhitungan galian dan timbunan. Bagaimanakah cara kita menghitung galian dan timbunan? ini yang perlu kita bahas pada saat ini. Perhitungan ini dapat kita lakukan dari autocad dan mengaplikasikannya kedalam format microsoft Excel, pada saat kuliah pasti sudah belajar yang namanya cara menghitung volume galian dan timbunan, untuk itu sebagai mengingat kembali dan pasti akan kita jumpa dalam pekerjaan tanah pada suatu proyek yang namanya menghitung galian dan timbuan.

Sebelumnya saya sudah membahas cara menghitung volume cross section dan mencari luas titik koordinat melalu autocad. Kalau sudah membaca artikel sebelumnya langkah ini bisa dilanjutkan dengan mudah hanya membuat nya kedalam format microsoft excel, kenapa harus dibuat kedalam format excel apakah tidak bisa dihitung secara manual saja? ini pertanyaan yang sering terjadi bisa saja kita menghitun volume dengan manual , namun sangat tidak mungkin kalau volume yang akan kita hitung banyak dan laporan kepada pemilik proyek bisa - bisa tidak diterima oleh mereka, maka dengan menggunakan ini kita dapat lebih cepat mengerjakannya dan laporanpun diterima.

Pada format excel ada rumus yang dapat meyelesaikan ini semua, setiap galian dan timbunan pada umumnya menggunakan rumus ini dan hasilnya lebih akurat dibanding dengan perhitungan manaual, makanya mahasiswa teknik sipil harus tahu menggunakan rumus ini sehingga pada saat jumpa pekerjaan tanah untuk mencari galian dan timbunan sudah bisa mengerjakannya dengan baik.

Sebelum membahas rumus saya lebih dulu mengingatkan volume yang akan kita hitung dalah berdasarkan hasil survey data lapangan yang di dapatkan dan di apklikasikan kedalam autocad sehingga kita mengetahui luas melalui titik koordinat per gambar kalau untuk jalan raya umumnya disebut cross section. Maka hasil dari titik koordinat nya nanti bisa dimasukan kedalam format excel.

Untuk memulai nya perhatiakan hasil titik koordinat yang didapat dari autocad berikut ini, ini adalah salah satu data ilmutekniksipilindonesia.com

SUMBU
TITIK  KOORDINAT
X
86,5910
86,6990
87,4970
87,5830
86,5909
Y
26,1120
25,6540
25,6540
26,0204
26,1120
X
86,5153
86,7433
87,5502
87,7870
87,5628
Y
24,6060
23,6270
23,6270
24,6750
24,6059
 
Pada tabel diatas sumbu x dan y adalah titik koordinat yang kita dapat kan dari autocad saya sudah yakin anda pasti bisa mendapatkan titik koordinatnya dengan cara mengetahui luas area yang ingin di hitung luas nya pada objek anda. setelah mendapatkan titik koordinatnya maka kita memasukan semua titik koordinat tadi kedalam excel.

Sebelum memasukan titik koordinat tadi terlebih dahulu kita mengatur format nya pada excel setelah itu baru masuk rumus excelnya, untuk contoh yang dibuat oleh ilmutekniksipilindonesia.com menghitung volume galian dan timbunan jalan raya per cross section perhatikan format yang saya buat dibawah ini.


Perhatikan format excel diatas pada pada sta 0+010  terdapat hasil titik koordinat sumbu x dan y yang di dapat dari autocad, untuk panjangnya adalah 10.00 m ini adalah jarak dari STA.0+010 sampai STA.0+020 adalah 10 m. 

Ketika sudah membuat format seperti diatas kita bisa membuat rumus pada kolom luas seperti format excel diatas, dan rumusnya bisa anda lihat seperti gambar dibawah ini.

Rumusnya bisa anda lihat dengan menggunakan 
=ROUND(ABS(SUMPRODUCT(F12:N12;E13:M13)-SUMPRODUCT(E12:M12;F13:N13))/2;3)
Jika kita memperhatikan coloums dan rows nya pasti seperti F12 dan seterusnya ikut rumus tersebut maka akan mendapatkan hasil untuk luas yang saya lingkari pada gambar diatas. Jikal luas STA.0+010 sudah dapat makan anda tinggak tarik dari sudut colums luas STA.0+010 ke coloums STA.0+020 Maka luasnya juga akan kita dapat.

Untuk selanjutnya untuk mencari volume gunakan rumus untuk menambahkan luas STA.0+010 ditambah luas STA.0+020 dibagi dengan 2 hasilnya dikalikan dengan jaraknya yaitu 10 makan akan dapat hasil volume dari STA.0+010 sampai STA.0+020.

Untuk menambah membuat format seperti ini harus hati - hati dan perlu kesabaran karena titik koordinat yang salah letaknya akan mempengaruhi hasil volume yang lain. Inilah sedikit ilmu tekntan menghitung volume dan galian timbunan, mudah - mudahan bermanfaat.

6 comments

avatar

Terima Kasih banyak,..

avatar

kalau menghitung dari hasil croos dan saya masukan elevasi dan jarak ke format diatas hasilnya sama dengan Luas area CAD. tapi klo menghitung berdasarkan titik koordinat yang ada di CAD hasilnya selalu tidak sama.mohon pencerahannya pak.

avatar

Kalau digunakan untuk menghitung galian pada lahan luas yang berkontur apakah sama jg?

avatar

Lw bapak pakai Autocad Landesktop, dengan daerah kontur bapak bisa langsung mengetahui luas dan volume secara otomatis untuk seluruh daerah cross yang bapak inginkan.. cara diatas merupakan cara menghitung volume per cross section.

avatar

terima kasih banyak

Perhatian!!! Komentar berupa Link Aktif Tidak Akan Di Publikasikan , Komentar Berlaku Untuk Saran dan Kritik Sebagai Kemajuan Situs. Silahkan Hub. Admin Untuk Beriklan

 

Start typing and press Enter to search