Contoh Metode Proses Pekerjaan Batu Kali

Penyiapan Material Batu Kali

Batu harus terdiri atas batu alam atau batu dari sumber bahan yang tidak terbelah, yang utuh (sound), keras, awet, padat, tahan terhadap udara dan air, dan cocok dalam segala hal untuk fungsi yang dimaksud. Mortar harus merupakan adukan campuran dengan komposisi 1 pc : 2 ps yang mempunyai kuat tekan paling sedikit 5 MPa pada umut 28 hari.

Penempatan adukan

Sebelum pemasangan, batu harus dibersihkan dan dibasahi sampai merata dan dalam jangka waktu yang cukup untuk memungkinkan penyerapan air mendekati titik jenuh. Landasan yang akan menerima setiap batu juga harus dibasahi dan selanjutnya landasan dari adukan disebar pada sisi batu yang bersebelahan dengan batu yang akan dipasang.

Tebal dari landasan adukan hrus dalam rentang 20 mm sampai 50 mm dan merupakan kebutuhan minimum untuk menjamin bahwa seluruh rongga antar batu yang dipasang terisi penuh. Banyaknya adukan untuk landasan yang ditempatkan pada suatu waktu haruslah dibatasi sehingga batu hanya dipasang pada adukan yang belum mengeras.

Bilamana batu menjadi longgar atau lepas setelah adukan mencapai pengerasan awal, maka batu tersebut harus dibongkar, dan adukannya dibersihkan dan batu tersebut dipasang lagi dengan adukan yang baru.
 Proses Pekerjaan Batu Kali

Pekerjaan Akhir Pemasangan

Batu Sambungan antar batu pada permukaan harus dikerjakan hampir rata dengan permukaan pekerjaan, tetapi tidak sampai menutup batu, sebagaimana pekerjaan dilaksanakan.

Terkecuali disyartakan lain, permukaan horizontal dari seluruh pasangan batu harus dikerjakan dengan tambahan adukan tahan cuaca setebal 20 mm, dan dikerjakan sampai permukaan terebut rata, mempunyai lereng melintang yang dapat menjamin pengaliran air hujan, dan sudut yang dibulatkan. 

Lapisan tahan cuaca tersebut haruslah dimasukkan ke dalam dimensi struktur yang disyaratkan. Segera setelah batu ditempatkan, dan sewaktu adukan masih baru, seluruh permukaan batu harus dibersihkan dari bekas adukan. Permukaan yang telah selesai harus dirawat seperti disyaratkan untuk Pekerjaan Batu Kali.

Pekerjaan Plesteran (Dinding Batu Kali)

Bersihkan dinding batu kali yang telah selesai dikerjakan dari kotoran dan kemudian siram dengan air Lanjutkan dengan pekerjaan plesteran dengan ketebalan dan campuran bahan sesuai dengan spesifikasi teknis

Pekerjaan Acian (Dinding Batu Kali) 

Setelah pekerjaan plesteran dinding batu kali selesai dilaksanakan kemudian dilanjutkan dengan pekerjaan acian Bersihkan permukaan plesteran dari kotoran yang mungkin menempel untuk kemudian siram dengan air dan kemudian lanjutkan dengan pekerjaan acian sesuai spesifikasi teknis.

Posted by: Mas Civeng
Mas Civeng Updated at: Monday, October 21, 2019

0 komentar:

Post a Comment

Perhatian!!! Komentar berupa Link Aktif Tidak Akan Di Publikasikan , Komentar Berlaku Untuk Saran dan Kritik Sebagai Kemajuan Situs. Silahkan Hub. Admin Untuk Beriklan