Tips Cara Menghitung Kebutuhan Besi Beton Bertulang

Tips Cara Menghitung Kebutuhan Besi Beton Bertulang Halo sobat semuanya apakah kamu sedang mencari kebutuhan besi beton bertulang? Saya ada beberapa tips cara menghitung kebutuhan besi beton bertulang, dalam membangun tentu kita harus menyiapkan material bahan bangunan seperti batu, pasir dan besi, dan lain sebagainya.

Kali ini saya akan membahas untuk kebutuhan besi saja, tentu sebelum pesan besi beton dari toko bangunan terlebih dahulu kita sudah tahu berapa volume kebutuhan besi untuk keperluan bangunan yang akan kamu bangun.

Dalam menghitung kebutuhan besi pada umumnya kita harus tahu gambar atau sket rencana kerja sehingga berdasarkan gambar tersebut kita dapat menghitung kebutuhan besi perbagian dari bangunan dan ini akan mempermudah kita untuk menghitung volume besi beton.

Tips cara mengitung kebutuhan besi beton bertulang

Contoh Jika kamu punya kolom 25 cm x 25 cm dengan Tinggi Kolom 3 meter dan besi yang dibutuhkan untuk ukuran adalah diameter 10 untuk tulangan utama dan besi tulangan diameter 8 untuk tulangan sengkang, Berapa batang jumlah besi yang akan kamu pesan atau kamu butuhkan?



Penyelesaiannya untuk diameter 10 tulangan utama
Kebutuhan besi diameter 10 adalah sebagai berikut:

Jumlah tulangan pokok ada 4 buah masing masing panjang tulangkan pokok adalah 3 meter. Jadi 4 x 3 m = 12 m.
Kesimpulan untuk diameter 10 tulangan utama
Maka jumlah batang yang dibutuhkan untuk tulangan utama kolom tersebut adalah hasil kali jumlah tulangan utama dengan tinggi kolom di bagikan dengan panjang per batang besi yang di jual di pasaran ( 12 meter /batang) Maka 12:12 = 1 batang besi diameter 10.

Penyelesaiannya untuk diameter 8 tulangan sengkang
Kebutuhan besi diameter 8 adalah sebagai berikut:

Untuk mencari tulangan sengkang atau begel kita harus tahu jarak antar tulangan sengkang berapa, misalnya jarak tulangan sengkang adalah 15 cm maka jumlah tulangan sengkang dengan tinggi kolom 3 meter adalah 3 meter (tinggi kolom) : 0.15 meter (jarak sengkang) = 20 buah.

Jumlah sengkang sudah di dapat 20 buah, selanjutnya kita akan mengitung berapa panjang tulangan 1 buah sengkang / begel.

Kesimpulan untuk diameter 8 tulangan sengkang
Untuk mencari panjang sengkangnya sebagai berikut.

Perhatikan gambar diatas panjang besi pada sengkang terlihat yaitu 4 x 20 cm = 800 cm dan besi di yang di tekuk ada 2 x 5 cm = 10 cm maka panjang 1 buah tulangan sengkang adalah 800 + 10 cm = 810 cm atau 0.81 m.

Jadi total panjang besi sengkang diameter 8 adalah 20 x 0.81 = 16.2 meter, untuk mencari kebutuhan tulangan sengkang sebelum pesan adalah tolal panjang besi di bagi panjang perbatang yang di jual, maka, 16,2 meter : 12 (panjang per bantang di pasar) = 1.35 batang dengan pembulatan 2 batang

Kalau untuk mencari volume besi beton tentu kamu sudah tidak asing lagi dengan ketentuannya. Kamu bisa juga membaca Rumus Menghitung Berat Besi Beton. Baiklah teman – teman semua, mudah – mudah bisa menambah ilmu teman – teman sekalian tengan bagaimana cara menghitung kebutuhan besi beton, supaya tidak terjadi kekurangan ataupun kelebihan material bahan bangunan saat memesan di toko bangunan khusus nya besi.

Posted by: Mas Civeng
Mas Civeng Updated at: Friday, November 01, 2019

0 komentar:

Post a Comment

Perhatian!!! Komentar berupa Link Aktif Tidak Akan Di Publikasikan , Komentar Berlaku Untuk Saran dan Kritik Sebagai Kemajuan Situs. Silahkan Hub. Admin Untuk Beriklan